Software Desain Vektor Gratis Terbaik Sebagai Alternatif Illustrator

9:32 AM

Bismillah

Assalamu'alaikum.

Bagi teman-teman desainer yang belum bisa hijrah ke software ori mungkin masih terkendala oleh satu atau beberapa hal lain, teman-teman bisa menggunakan sofware alternatif GRATIS (iya GE-RA-TIS! hehe) berbasis vector berikut yang kemampuannya tidak kalah bagus dibanding adobe illustrator atau corel draw.

Gravit Designer
Menurut ane, gravit designer adalah software desain vector gratis terbaik dan terindah yang teman-teman harus miliki dan coba. Selain memiliki tampilan User Interface (UI) yang sangat simple dan mudah digunakan, software ini memiliki kemampuan yang sangat mumpuni dan gak kalah dengan adobe illustrator. Kelebihan lain yang dimiliki software ini kompatibel dengan berbagai os (windows, mac, linux bahkan chrome os). Kita juga bisa menggunakan software ini pada web browser kita. Jadi nunggu apalagi?
Download here

Inkscape
Siapa yang tidak kenal dengan inkscape? Inkscape adalah sesepuh software desain vector gratis yang sudah banyak digunakan oleh para desainer. Apa yang bisa dilakukan di adobe illustrator atau corel draw bisa dilakukan juga oleh inkscape. Cuma ada 1 kekurangan (menurut opini ane pribadi). User Interfacenya ribet, toolnya terlalu banyak. Tapi jangan jadikan ini sebagai kendala. Beberapa hari mencoba dan bermain inkscape akan langsung terbiasa kok :)
Download here

Vectr
Kalau teman-teman masih baru dalam dunia desain dan tertarik untuk menekunin dunia ini. Teman-teman bisa memulai langkah awal yang baik dengan menggunakan software ini. Dibanding kedua software di atas, Vectr memiliki tool yang lebih terbatas. Kita hanya akan menemui tool-tool basic pada software ini. Walau terbatas, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan desain di era yang serba simpel dan minimalis seperti sekarang ini.
Download here

Svg-Edit
Ketika pertama buka software ini ane langsung teringat dengan corel draw,hehe.. Penasaran?
Try here

Sebenarnya masih banyak software-software vector gratis lainnya. Tapi menurut ane 4 software ini adalah yang paling mudah, indah dan powerfull untuk teman-teman gunakan sebagai software alternatif atau malah menjadi software utama untuk mendesain.

Dari sini teman-teman bisa mulai mencari modal untuk membeli software desain yang ori bila teman-teman memang butuh untuk menggunakan software-software berbayar seperti adobe illustrator, corel draw, affinity designer dan lainnya.

Yang penting jangan lupa untuk niatkan terlebih dahulu untuk benar-benar ingin hijrah ke software ori dan berdoa agar Allah subhana wa ta'ala mudahkan untuk memiliki software desain yang ori, sekalian sama os komputernya juga boleh,hehe. Agar karya dan penghasilan kita menjadi jauh lebih berkah :)

You Might Also Like

0 comments

Instagram