BELAJAR MENJADI FREELANCER #2 - SIGN UP

5:47 PM


Bismillah

Assalamu'alaikum. Peralatan tempur untuk menjadi freelancer sudah disiapkan semua kan? Pada postingan kali ini kita akan langsung masuk ke tahap registrasi pada situs-situs tempat kita ngefreelance nanti. Agar lebih mudah, ane membagi jenis freelance yang akan jalani menjadi 4. Teman-teman bisa memilih sesuai dengan keahlian dan kenyamanan masing-masing.

Kontes / Crowdsourcing
Di sini teman-teman akan berkompetisi dengan desainer-desainer dari seluruh penjuru dunia untuk memenangkan kontes dan mencari klien

  1. 99designs.com : Logo & Branding
  2. Freelancer.com : Gado-gado, semua kontes ada di sini :D 
  3. Topcoder.com : UI dan UX design
  4. Situs kontes lainnya bisa dilihat di sini
Microstock
Kita akan menjual desain-desain kita pada situs-situs microstock dan mendapat dollar dari banyaknya jumlah desain kita yang terjual
  1. Shutterstock.com : Situs microstock #1 di dunia. Sayangnya untuk bisa mendaftar di sini syarat utamanya adalah harus punya paspor. 
  2. Iconfinder.com : Kita akan jualan icon di sini
  3. Fotolia.com atau sekarang dikenal dengan nama Adobe Stock
  4. Situs microstock lainnya bisa dilihat di sini
Marketplace
Hampir sama dengan microstock, di marketplace ini kita sama-sama akan mendapatkan penghasilan dari desain kita yang terjual atau di download, bedanya kita bisa menentukan sendiri harga desain yang kita jual. 
  1. Creativemarket.com
  2. Graphicriver.com
  3. Myfonts.com
  4. Situs marketplace lainnya bisa dilihat di sini
Portfolio
Percaya atau tidak, kita juga bisa low mendapatkan penghasilan dan klien dari portfolio desain kita. 

*Note penting: Situs-situs yang ane rekomendasikan di atas adalah berdasarkan pengalaman ane dan teman-teman ane yang sudah berkecimpung di dalamnya. Sebenarnya masih banyak situs-situs lainnya yang bisa teman-teman coba. Tapi untuk saat ini kita akan memulainya dari situs-situs tersebut sesuai pengetahuan ane yang masih sedikit ini :)

Jadi silahkan teman-teman mulai mendaftar. Beberapa situs mungkin memerlukan beberapa persayaratan seperti dokumen paspor atau portfolio desain kita. Tapi tenang, itu urusan belakang, yang penting kita mulai daftar dulu aja.

Bagi teman-teman yg punya rekomendasi situs-situs lainnya jangan ragu untuk menyampaikannya di kotak komentar ya :)

You Might Also Like

0 comments

Instagram