BELAJAR MENJADI FREELANCER #5 - UPLOAD DESAIN

6:10 PM


Part [1] [2] [3] [4]

Bismillah.

Assalamu'alaikum.

Bagaimana teman-teman sudah menyiapkan stok desain vector yang telah kita bahas di postingan sebelumnya kan? Kalau sudah kita akan mulai menjual desain-desain kita itu di Shutterstock, Adobe Stock dan Iconfinder. Ok langsung saja, bismillah

1. Mempersiapkan File

Gambar di bawah adalah desain yang sudah kita buat sebelumnya. Mengingatkan sekali lagi, file yang akan kita upload harus berformat eps (versi 10) dan jpg. Nama file eps dan jpg HARUS SAMA.

Silahkan login ke akun Shutterstock, Adobe Stock dan Iconfinder. Sebagai contoh kita akan menggunakan situs Shutterstock saja ya karena untuk situs lain kurang lebih prosesnya sama. 




2. Upload Desain

Klik tombol "Upload Images" pada halaman dashboard akun Shutterstock Contributor.




Setelah di klik akan muncul halaman ini. Silahkan teman-teman drag desain yang sudah kita buat ke sini
Jika sudah berhasil diupload semua klik "Next"

3. Pemberian Nama

Pemberian nama yang jelas dan deskriptif dapat mempermudah pembeli dalam menemukan desain kita dan membuat desain kita berada di posisi teratas dalam pencarian. Oh iya jangan lupa untuk menambahkan kata "Vector" pada akhir nama. Tujuannya agar pembeli yang ingin mencari desain dalam format vector lebih mudah menemukannya. Contohnya seperti ini



4.  Pemberian Keyword

Keyword atau kata kunci adalah sekumpulan kata yang mendeskripsikan desain kita secara lebih detail lagi. Keyword yang tepat dan detail bisa meningkatkan penjualan desain kita karena desain kita akan semakin mudah untuk ditemukan. Teman-teman tidak perlu bingung untuk memikirkan keyword yang harus dituliskan. Cukup klik tombol "Suggest Keyword" yang telah disediakan oleh Shutterstock :)



Setelah menekan tombol "Suggest Keyword" selanjutnya teman-teman perlu mencari desain yang bertema sama dengan desain kita. Ketik "Business team" pada kotak pencarian, lalu pilih jenis gambar "Vector"


Akan muncul ratusan gambar yang bertema "business team". Silahkan teman-teman pilih gambar yang serupa dengan desain kita. Minimal pemilihan adalah 3 gambar, maksimal bebas, tapi disarankan jangan terlalu banyak karena kita masih akan menambahkan keyword lain yang tidak disediakan oleh sistem.


Silahkan dipilih keyword yang sesuai dengan tema "business team". Teman-teman bisa menambahkan atau mengurangi keyword yang dikira tidak sesuai dengan tema. Semakin detail keyword yang teman-teman tambahkan, semakin bagus untuk meningkatkan penjualan Kalau sudah klik "Add Keyword



5. Menentukan Kategori

Setelah memberi nama dan keyword, selanjutnya adalah menentukan kategori.



Tentukan kategori dan sub kategori yang benar-benar sesuai dengan desain kita.


Pemberian nama, keyword dan kategori untuk 1 desain alhamdulillah sudah selesai. Teman-teman bisa melakukan proses serupa untuk desain-desain lainnya. Mungkin terlihat cape dan membosankan, tapi harus sabar ya :)



Kalau sudah selesai memberi nama, keyword dan kategori untuk semua desain, sebelum disubmit kita perlu melakukan 1 hal lagi agar ke depannya kalau kita mau menjual desain-desain kita di market lain, kita tidak perlu repot-repot menulis nama dan keyword lagi. Tinggal copy paste aja, hehe Kita akan membuatnya di google drive. Bagi yang punya Microsoft excel silahkan, karena ane gak punya jadi pakai yang gratisan aja dari google,hehe


Kalau sudah menyalin semua nama dan keyword di spread sheet. Selanjutnya kita tinggal submit desain-desain kita. Select "all" pada bagian kiri atas. Lalu klik "Submit for Review"



Kosongkan saja bagian "Notes for Reviewer (optional). Sebelumnya, baca bismillah dulu sebelum klik "Submit for Review" :)

Mungkin setelah klik "Submit for Review" akan ada sedikit error pada beberapa file. Hal ini kebanyakan disebabkan karena kita salah dalam menulis title atau keyword dalam bahasa inggris. Contohnya seperti ini


Tapi tenang, gak perlu panik. Sistem di Shutterstock sudah canggih, teman-teman cukup klik "continue" maka sistem akan memperbaiki secara otomatis kata-kata yang salah eja. 


Klik "select all" lagi seperti sebelumnya, lalu "Submit for Review"


Alhamdulillah sudah selesai semua dan berhasil. Tinggal nunggu review dari admin apakah desain kita lolos uji kualitas dan ketentuan teknis lainnya atau tidak. Sambil nunggu jangan lupa untuk berdoa agar desain kita laku dan banyak yang download. Aamiinn...

Postinganya cukup panjang ya kali ini. Dinikmati aja sambil ngopi atau nyemil :) Sekian dulu untuk postingan kali ini. Kita akan tunggu hasil penjualan dari desain-desain ini dan akan ane update pada postingan selanjutnya, insya Allah.

Silahkan kalau ada yang mau ditanyakan jangan ragu-ragu. Mau kasih kritik atau saran juga boleh banget :)

*Oh iya kalau teman-teman mau menjual desain-desain ini di situs lain kurang lebih prosesnya sama, sama banget malah kalau boleh dibilang. Hanya beda tampilan dari masing-masing situs aja. Inti dari postingan ini adalah tentang bagaimana memberi nama dan keyword yang baik pada produk desain kita agar berdampak positiv pada penjualan kita.

#FreelancerLife

You Might Also Like

0 comments

Instagram