Pendampingan Menjadi Kontributor Freepik - Hari 1

9:13 PM



Bismillah

Seperti yang ane posting sebelumnya, insya Allah ane akan mendampingi bagi teman-teman yang tertarik untuk menjadi kontributor di situs Freepik.com selama 1 bulan ke depan. Ini adalah kesempatan yang sangat baik bila teman-teman ingin memulai terjun ke dunia freelance, insya Allah.

Ok langsung aja ya :). Bagi yang belum tau, situs freepik lagi mengadakan promo bagi yang ingin menjadi kontributor di sana ( bisa dibaca di : https://contributor.freepik.com/contributor-recommendation-campaign ). Promo ini berlaku sampai 1 Desember 2017. Syaratnya apa? Syaratnya cuma 1, bagi teman-teman desainer, terutama desainer vektor, maka harus punya stok desain vektor sebanyak 300 item atau lebih. Bagi fotographer, harus punya stok 1000 foto atau lebih. Kalau desain teman-teman nanti lolos seleksi sama admin freepik, maka teman-teman bisa mendapat bonus sebesar $150 dan langsung menjadi kontributor di freepik dengan fitur desain premium. Apa itu desainer premium, jadi nanti desain teman-teman akan bisa langsung menghasilkan $ ketika ada yang mendownload.

"Wah banyak banget, aku nggak punya stok sebanyak itu. Masih bisa daftar gak?" Insya Allah masih bisa. Karena deadlinenya masih 1 bulanan lagi, maka kita akan mempersiapkannya dari sekarang. Gak sulit kok untuk menyiapkan 300 desain dalam kurun waktu sebulan, insya Allah akan ane kasih tau tips dan triknya :)

Ok, sebelumnya ane akan membagi 3 tipe desainer di sini:
1. Desainer pemula yang bener-bener belum punya stok desain (tapi sudah bisa menggunakan software desain)
2. Desainer menengah yang sudah memiliki stok desain lumayan, tapi belum percaya diri dengan kualitas desainnya
3. Desainer sesepuh, yg sudah melanglang buana di dunia microstock, tapi belum menjual desain-desainnya di situs freepik.

Mungkin kita akan fokus ke desainer nomor 1 dan 2 ya, soalnya desainer sesepuh gampang aja,  langsung register dan upload semua desainnya beres deh :D

Permasalahan di sini adalah teman-teman belum mempunyai stok desain sebanyak itu. Bagaimana caranya agar bisa membuat desain sebanyak 300 item dalam waktu 1 bulan atau kurang?

Pertama, teman-teman jangan menganggap hal ini terlalu berat dan terlalu banyak untuk menyiapkan desain sebanyak itu. Karena nanti hal ini justru menjadi beban dan tembok besar yang menghalangi untuk maju. 300 desain itu bukan harus selesai dalam waktu 1 malam seperti kisah candi prambanan :D. Kita akan membuat sebuah timeline dan schedule untuk membuatnya jadi lebih ringan.

Insya Allah kita punya waktu dari tanggal 23 Oktober 2017 - 23 November 2017. Jangan terlalu mepet tanggal 1 Desember ya, sisa waktu seminggu akan kita gunakan untuk mengupload karya-karya kita ke situs, menambahkan desain lain atau melakukan revisi bila memang diperlukan.

Ini kuncinya : 300 item dibagi 30 hari = 10 item/hari. See? Kita hanya perlu membuat desain sebanyak 10 item per hari sampai 30 hari ke depan. Ringan kan? :)

Teman-teman harus berusaha istiqomah untuk memenuhi target dan deadline harian ini. Kalau misal karena satu atau lain hal kuota 1 hari tidak terpenuhi, maka hari esoknya teman-teman harus mendoublenya menjadi 20 item dan seterusnya. Makin target tidak terpenuhi, bakal makin berat untuk menggantinya.

Kita sudah punya timeline kerja. Selanjutnya akan muncul pertanyaan "Desain apa ni yang harus kita buat?" Gak perlu pusing, bahkan Freepik sudah memberi petunjuk desain-desain apa saja yang harus dibuat. Ini kata Freepik

"Try to upload content which are generic (example: abstract backgrounds, templates, banner, wedding invitation, birthday, etc) or of current festivities which are near to the deadline date, for example: Christmas, New years, Thanksgiving day, Hanukkah, , etc."
Untuk permulaan kita akan membuat desain-desain yang generik dulu seperti yang disebutkan di atas. Kenapa desain generik? Karena desain generik ini yang paling banyak dicari dan didownload.

*Bagi teman-teman desainer muslim, bisa melewati untuk tidak membuat desain-desain bertema christmas, new years, hanukkah, birthday atau perayaan agama lain. Ini bukan masalah rasis atau bagaimana ya. Karena di islam kita diajarkan untuk tidak mengikuti perayaan agama lain, salah satunya dengan membuatkan desain-desain bertema tersebut. Masih banyak desain lain yang kita buat :)

Oke balik lagi. Insya Allah kita akan mulai membuat desain besok ya. Karena sekarang sudah malam dan teman-teman mungkin ingin beristirahat. Jadi besok kita akan mulai membuat gambar dengan keyword atau kata kunci:

1. Abstract backgrounds
2. Template
3. Banner
4. Wedding Invitation

Besok ane juga akan memberi tahu cara "memecah"keyword-keyword tersebut menjadi sub kategori-sub kategori yang masih berkaitan, insya Allah.

Mungkin teman-teman bisa mulai membayangkan atau membuat sketsa kasar tentang desain yang berkaitan dengan keempat keyword di atas. Ke depannya ane akan memberikan keyword-keyword lain agar desain kita lebih bervariasi.

Masalah teknis tentang ukuran file, jenis file apa saja yang harus dibuat dll insya Allah akan kita bahas dan langsung eksekusi besok.

Untuk referensi dan kualitas desain, teman-teman bisa membuka situs freepik.com dan search desain-desain vektor di sana.

Oh iya, ane mendampingi di sini bukan berarti ane lebih hebat atau lebih tau dari teman-teman, karena ane sendiri juga masih baru juga menjadi kontributor di Freepik. Kalau ada kendala-kendala yang tidak bisa kita selesaikan di tengah jalan, kita akan bertanya ke para sesepuh yang sudah lebih dahulu terjun ke Freepik ini :)

Semangat! :) Kalau ada yang mau ditanyakan atau kurang jelas bisa pm ane langsung.
*Maaf bila balasannya slow respon, karena ane juga punya kegiatan dan yg pm banyak. Tapi insya Allah ane akan usahakan untuk membalas secepat mungkin :)

#FreelancerLife #Microstock #Freepik

You Might Also Like

0 comments

Instagram