Pendampingan Menjadi Kontributor Freepik - Hari 2

12:44 PM



Bismillah

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang mau saya perjelas di sini, karena dari kemarin muncul beberapa pertanyaan yang serupa. Jadi saya rangkumkan di sini saja agar lebih efisien

1. Tolong link ini ( https://contributor.freepik.com/contributor-recommendation-campaign) dibaca dulu dengan seksama dan teliti. Kalau kurang mengerti bahasa inggris bisa ditranslate di google translate. Karena dari kemarin banyak pertanyaan yang sudah ada jawabannya di link itu tapi ditanyakan lagi. Ini bukti kalau ada yang belum membaca secara utuh tapi udah buru-buru tanya :)

Saya rangkumkan sedikit agar lebih jelas peraturan di link itu ya.

  • Bagi yang mau gabung jadi kontributor di freepik HARUS punya stok desain sebanyak 300+. Karena percuma kalau teman-teman belum punya stok desain, nanti ketika mendaftar akan diminta untuk mengupload desain sebanyak 300 lebih. Maka dari itu ane buatkan pendampingan ini untuk mempersiapkan teman-teman selama 1 bulan ke depan :)
  • Bonus $150 itu akan teman-teman dapat kalau 300 desain teman-teman lolos seleksi sama tim admin Freepik (Maka dari itu kita akan buat 300 lebih desain selama sebulan ini) Kalau gak lolos ya gak dapet bonus itu,hehe.. Kita akan membuat desain yang berkualitas, insya Allah
  • Siapa saja boleh ikut pendampingan ini, gak terbatas jumlahnya.
  • Peserta minimal harus sudah bisa mengoperasikan software desain (bebas apapun software desainnya, asal software desain berbasis vektor). Tidak perlu terlalu pro, yang penting bisa dan pernah membuat desain vektor di aplikasi
  • Bagi yang belum bisa mendesain di komputer, gak perlu kecil hati. Teman-teman bisa tetap mengikuti proses ini sebagai latihan dan membuat portfolio dulu yang kelak bisa digunakan untuk mendaftar di situs microstock
  • Jangan terlalu fokus di hadiah $150, karena kalau teman-teman berhasil jadi kontributor, teman-teman bisa mendapatkan lebih dari itu kelak, insya Allah
  • Pendampingan tidak dilakukan secara personal atau 1 by 1. Pendampingan dilakukan secara umum. Jadi teman-teman silahkan mengikuti updatean di page yang akan dilakukan selama 1 bulan ke depan (tidak setiap hari)

Ok. Di hari kedua ini kita akan langsung eksekusi saja ya, karena kita dikejar deadline :). Di sini teman-teman akan belajar mengahadapi deadline-deadline yang sangat erat dalam dunia freelance,hehe. Hari ini kita akan dan HARUS bisa membuat 15 desain vektor dengan tema

1. Abstract backgrounds
2. Template
3. Banner
4. Wedding Invitation

Teman-teman bebas mau memilih keyword mana saja sesuai selera dan keahlian masing-masing. Teman-teman cukup mengerjakan 1 keyword saja per hari agar tidak terlalu berat dan bisa memberikan kualitas desain terbaik. Kita akan memecah keyword tersebut menjadi beberapa kategori sehingga teman-teman bisa membuat 15 desain per harinya. Oh iya kemarin ane bilang 10 desain per hari, ane tambahkan 5 desain lagi karena nanti kalau ada desain yang gak lolos, bisa menggunakan tambahan 5 desain tersebut sebagai penggantinya.

Sebagai contoh ane akan memilih keyword Banner. Kita akan mencoba memecah keyword banner ini menjadi 15 kategori untuk 15 desain. Oh iya langkah-langkah di postingan ini berlaku untuk 1 bulan ke depan, jadi teman-teman cukup berpacuan di postingan ini.

Banner bisa langsung kita bagi menjadi 15 sub kategori
  1. Banner untuk bisnis kuliner
  2. Banner untuk bisnis sepatu
  3. Banner untuk bisnis pakaian
  4. Banner untuk bisnis es krim
  5. Banner untuk profile facebook
  6. Banner untuk bisnis pernikahan
  7. Banner untuk perusahaan digital
  8. Banner abstract
  9. Banner retro
  10. Banner warna-warni
  11. Banner cute
  12. Banner perusahaan cetak
  13. Banner minimalis
  14. Banner hi-tech
  15. Banner mobil
Seperti yang teman-teman lihat, pemecahan keyword menjadi beberapa sub kategori ini bisa dilakukan secara bebas. Teman-teman bebas berimajinasi apa saja. Batasannya cuma satu, desain yang akan kita buar harus masih dalam 1 tema yaitu banner :)

Untuk lebih jelasnya kita akan masuk ke proses sketsa. Selalu awali proses dengan sketsa, terutama bagi pemula. Karena nanti ide kita akan menjadi lebih jelas dan untuk mempersingkat waktu kerja. Walau ada beberapa desainer yang sudah pro mereka biasanya melewati proses ini dan langsung eksekusi ke proses digital. Tapi kita tetap akan melewati proses sketsa sebagai pondasi awal dalam mendesain.



Namanya juga sketsa, jadi gak perlu bagus-bagus,hehe.. Sketsa ini untuk menjadi jembatan kita ke ide kita saja. Teman-teman bebas berkreasi sesuai imajinasi masing-masing.

Kita melangkah ke proses selanjutnya. Teman-teman silahkan membuka software desain masing-masing. Software apa aja boleh, corel draw,illustrator, inkscape,affinity,medibang dll. Yang penting software berbasi vektor.



Saya pakai adobe Illustrator di sini. Buat dokumen baru berukuran 2500x2500px. Ke depannya kita akan selalu menggunakan ukuran ini. Bukan wajib sih, tapi rata-rata menggunakan ukuran berbentuk square seperti ini. Beri nama sesuai desain yang akan kita buat, pakai bahasa inggris ya nama filenya :)


Sebelum mulai mendesain, ane biasanya langsung save dulu filenya takut lupa dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kadang kalau udah keasikan ndesain, lupa ngesave, dan softwarenya error lalu filenya akhirnya hilang gak ke save, sedih rasanya :D

Save file dalam format .EPS versi 10. Kenapa versi 10? Agar orang yang download bisa tetap membuka file kita di software mereka yang kemungkinan masih pakai software jadul.



Ok sekarang masuk proses digitalisasi. Berdasarkan sketsa yang telah dibuat tadi, kita buat versi digitalnya. Jangan lupa buat layer dan berikan nama sesuai desain yang kita buat.

Buat kotak berukuran 2160x960
Buat sebuah layout pemisah seperti yang sudah disketsa

Karena tema ane adalah banner tentang kuliner, jadi ane tambahin pernak-pernik peralatan memasak
Udah deh jadi 1 banner bertema kuliner versi ane :)

Sekarang tinggal kita ekspor desain kita dalam .jpeg



Alhamdulillah, selesai 1 desain. Kita sudah punya file dalam format .EPS dan .JPG yang kelak akan kita upload setelah registrasi di situs freepik.com. Masih ada 14 desain lagi yang harus teman-teman selesaikan hari ini sebelum jam 00.00 :D Insya Allah nanti malem ane upload ke 14 desain sisanya :D

Silahkan langsung dipraktekin. Dibawa enjoy aja ya :) Kalau ada yang kurang mengerti atau perlu ditanyakan monggo pm ane :)

#FreelancerLife #Microstock #Freepik

You Might Also Like

0 comments

Instagram