Belajar Bikin Ikon #1

12:04 PM


Bismillah

Assalamu'alaikum

Belajar bikin ikon sama-sama yuk. Bukan hanya sekedar bikin ikon, insya Allah kita akan belajar untuk menjualnya juga :)

Sebelum lanjut, postingan ini ditujukan untuk teman-teman yang mau mulai terjun ke dunia freelance desain, baik sekedar iseng-iseng untuk menambah uang jajan atau memang mau fulltime menjadi freelance desainer. Selain itu, postingan ini terutama ditujukan kepada teman-teman yang masih bekerja di Bank atau di dunia yang erat dengan musik atau pekerjaan lainnya yang bertentangan dengan syariat islam yang sebenarnya ingin meninggalkan pekerjaan itu, tapi bingung mau cari kerja apa? Belum lagi syaiton yang terus membisiki "Nanti mau makan apa kalau berhenti kerja di Bank?" "Nanti mau ngasih nafkah apa ke anak dan istri kalau berhenti bermusik?" dll. Insya Allah, teman-teman bisa mulai dari sini.

"Tapi aku kan gak bisa gambar atau desain sama sekali?" Maka jujur ane jawab, ane juga gak bisa gambar? Gak percaya? Nanti teman-teman akan lihat sendiri bagaimana hancurnya gambar tangan ane :D

Oke langsung praktek aja ya. Oh iya, di sini ane pakai software desain Adobe Illustrator CC. Teman-teman bebas mau pakai software desain apapun, corel, affinity, inkscape dll (yg penting ori ya,hehe) Insya Allah proses atau tutor desainnya kurang lebih sama, hanya beda tool saja dari masing-masing software desain.

Mungkin dari teman-teman sendiri ada yg sudah pernah buat ikon sebelumnya dan ada yang belum pernah sama sekali. Nah kita akan belajar dari 0 alias basic ya. Karena ilmu basic tu yang paling penting.

Singkat saja tentang ikon. Ikon adalah sebuah gambar yang mewakili atau mirip dengan bentuk aslinya namun dikemas dalam bentuk yang lebih simpel (Ini pengertian ikon menurut pribadi ane sendiri aja sih,hehe) Kalau teman-teman mau tau lebih dalam tentang ikon, lebih baik bisa baca e-book gratisnya om Justas master icon dari Iconutopia.com (klik di sini)

Biar mudah, kita mulai dari membuat desain ikon dari benda-benda yang ada di sekitar kita yuk. Coba lihat di sekeliling kamu, ada benda apa aja? Silahkan difoto lalu dibuat list. Btw, semua benda bisa dijadikan ikon :)

Ini adalah benda-benda yang ada di sekitar ane,hehe
Kita akan membuat ikon dengan bentuk

  1. Buku (Book)
  2. Gelas (Coffee Cup)
  3. Sendok (Spoon)
  4. Permen (Candy)
  5. Botol (Bottle)
  6. Pulpen (Pen)
  7. Betadin (Medicine)
  8. Kaleng kerupuk (Can)
  9. Mobil-mobilan (Car)
  10. Headset
Sekalian belajar bahasa inggris sedikit-sedikit,hehe. Soalnya nanti pas mau dijual kita akan menggunakan bahasa inggris. Setelah mendapat objek yang mau dijadikan desain ikon. Selanjutnya kita masuk ke proses sketsa. Silahkan teman-teman buat sketsa sederhana semirip mungkin dengan bentuk benda yang kita kumpulkan tadi. Semirip dan sesimpel mungkin pokoknya. Kira-kira seperti ini

Namanya juga sketsa, gapapa kalau gak bagus-bagus amat,hehe.
See? Ane gak bisa gambar kan? Gambar ane aja mletat mletot gitu,hehe
Setelah selesai sketsa selanjutnya kita masuk ke proses digitalisasi. Silahkan dibuka software desainnya

Create new - kasih nama - bikin ukuran 64x64 - jumlah artboard 10
Tampilan artboard

Default nama artboard

Sebelum mulai menggambar, biasakan mengganti nama artboard sesuai dengan desain yang ingin kita gambar
Masukan gambar sketsa yang telah kita buat tadi. Caranya file-place-pilih foto sketsa-place. Atau bisa langsung drag foto sketsa ke dalam halaman Adobe Illstrator

Nah teman-teman tinggal membuat ikon berdasarkan sketsa itu
Jadi deh :) Jangan lupa untuk menempatkan ikon ke masing-masing layer sesuai namanya.
Langkah selanjutnya adalah menyimpan file dalam format .svg. File - save as - beri nama sesuai tema - pilih format .svg - jangan lupa centang "Use Artboard" - Save

Samakan saja formatnya seperti di gambar ini
Udah deh, kita sekarang punya 10 ikon yang insya Allah siap untuk kita jual. Tapi akan kita bahas di postingan selanjutnya, hihi..
Filled Outline Style

Flat Style
Bonus!! Dari 10 ikon tadi, kita masih bisa bikin ikon yang sama dengan style yang berbeda. Jadi sekarang kita punya 30 ikon,hehe.

Untuk Belajar Bikin Ikon #1 nya sampai di sini dulu. Silahkan teman-teman praktek langsung dan share ya hasil kreasi ikon buatan teman-teman di kolom komentar. Kasih aja linknya :)
Semoga bermanfaat. Bila ada yang kurang atau salah silahkan ditambahkan atau dikoreksi. Yang bikin masih belajar juga soalnya :)

#FreelancerLife #BerkahStudio #BelajarBikinIkon

You Might Also Like

4 comments

  1. alhamdulillah akhir nya ada juga postingan luar biasa ini.
    di tunggu part 2 nya mas :)

    ReplyDelete
  2. oh iya, kalo dari semua artboard itu pengen lngsung di save ke JPEG secara terpisah kayak SVG itu kayak gimana ya mas ?

    ReplyDelete

Instagram