Kupas Tuntas Semua Hal Tentang Paspor di Shutterstock

6:09 PM


Bismillah

Assalamu'alaikum

Insya Allah kita akan belajar cara daftar dan mencari dollar di Shutterstock. Tapi sebelum melangkah ke sana, ada 1 hal yang sangat penting dan perlu kita jelaskan secara tuntas di sini yaitu tentang paspor. Berbeda dengan situs microstock lainnya, Shutterstock mewajibkan kita untuk menggunakan paspor sebagai bukti otentik / sah agar kita bisa menjadi kontributor di sana. Selain itu postingan ini ane buat karena melihat masih banyaknya yang berulang kali menanyakan hal yang sama terkait paspor. Padahal sudah dijelaskan sejelas-jelasnya oleh teman-teman desainer lainnya. Tapi karena malas membaca dan kurang sedikit berusaha, akhirnya mereka maunya instan dengan tanya lagi-tanya lagi,hehe

Postingan ini akan ane sajikan dalam bentuk pertanyaan dan jawaban agar lebih mudah dimengerti. Pertanyaan ane kumpulkan dari berbagai sumber, mulai dari grup facebook, komentar di media sosial, pertanyaan langsung ke ande dll. Jadi silahkan teman-teman luangkan waktu sejenak saja untuk membaca dan memahaminya. Ambil kopi dan cemilan, bismillah kita mulai :)
*Bagi yang malas baca silahkan berhenti sampai di sini dan silahkan daftar jadi kontributor di situs lainnya yang tidak butuh paspor :)

1. "Untuk daftar jadi kontributor di Shutterstock harus pakai paspor ya?"
Jawab : "WAJIB"

2. "Ane gak punya paspor, bisa pakai KTP atau SIM atau KK gak?
Jawab: "Gak bisa"

3. "Duh terus gimana dong?"
Jawab: "Silahkan urus dan bikin paspor di imigrasi"

4. "Caranya?"
Jawab: "Baca di http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#umum "

5. "Ah gak ngerti, bingung bin ribet"
Jawab: "Yaudah gak usah daftar jadi kontributor"

6. "Hehe.. iya-iya maaf, gitu aja baper. Ok gw besok ke imigrasi untuk urus paspor, apa aja yang harus disiapin?
Jawab: "Nah gitu dong, hehe.. Untuk dokumen pengajuan paspor dibaca di sini http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan . Siapin screenshot sebagai bukti bahwa untuk mendaftar menjadi kontributor atau desainer di shutterstock harus pakai paspor. Silahkan print screen halaman yang ada di https://www.shutterstock.com/contributorsupport/articles/kbat02/000006633
Nanti ketika ditanya petugas imigrasi tetap tenang dan jelaskan sejujurnya maksud tujuan membuat paspor. Usahakan jangan bohong. Tidak baik mengawali pekerjaan dengan berbohong, misal bikin paspor mau liburan ke luar negeri, padahal nggak. Takutnya dosa dan jadi gak berkah perjalanan ke depannya :)

7."Ok siapp, besok gw kabarin lagi bro"
Jawab: "Ok!"

Keesokan harinya

8. "Haduh brooo, gw udah ngantri seharian sampe kelaperan, pengajuan paspor gw ditolak bro, gimana sih lu"
Jawab: "Hehe.. sama berarti, ane juga ditolak pas bilang bikin paspor untuk jadi kontributor di shutterstock"

9. "Ah macam mana pula kau, kenapa gak bilang dari kemarin"
Jawab: "Biar bukan gw aja yang ngerasain bro,hehe.. Becanda-becanda. Ok jadi gini, pengajuan paspor dengan alasan untuk jadi kontributor itu untung-untungan. Beberapa teman desainer ada yang berhasil mendapat paspor dengan jujur apa adanya bilang kalau untuk shutterstock, beberapa dan kebanyakan ditolak karena alasan itu. Dari yang ane tau, ini tergantung dari kantor imigrasi dan petugas yang menangani. Kalau lagi baik biasanya lolos, kalau pas lagi kurang beruntung ya pasti ditolak mentah-mentah,haha"

10. " Ah males lah gw kalau gini, gak jadi deh mau jadi daftar kontributor di shutterstock. Gw mau jualan pisang goreng aja"
Jawab: "Tenang-tenang, masih ada banyak jalan menuju shutterstock,hehe.. Setidaknya dan yang penting kita udah usaha yang terbaik dulu. Kita pakai plan B, yaitu pakai paspor orang lain untuk daftar,hehe"

11. "Ok deh kalau gitu, tapi melanggar peraturan gak ni dari shutterstocknya?"
Jawab: "Kalau secara tertulis ya gak boleh. Kita harusnya pakai paspor dengan data diri kita sendiri"

12. "Wah bisa berabe dong nanti ke depannya"
Jawab: "Pengalaman dari teman-teman yang lain sih selama ini gak ada masalah"

13. "Ah ribet lah nanti kalau pas ada razia gimana?"
Jawab: "Udah serahin aja ke Allah subhana wa ta'ala itu mah. Kalau rejeki gak bakal kemana. Orang tua lu udah berangkat haji kan? Pinjem gih sana paspornya. Atau kalau lu ada temen yang punya paspor juga boleh"

14. "Ok deh gw tanya ortu gw dulu"
Jawab: "Ok!"

Keesokan harinya.
Sebelum lanjut, mungkin ada di antara teman-teman yang terasa berat/takut untuk menggunakan paspor orang lain. Maka ane gak memaksa. Teman-teman silahkan berusaha lagi untuk membuat paspor ke kantor imigrasi lain (jangan di tempat yang sama, siapa tau lolos :) Dan yang penting jangan pakai alasan yang tidak sebenarnya alias bohong. Ini ane juga insya Allah akan coba buat paspor sendiri lagi. Ups ketauan deh kalau ane gak pakai paspor pribadi,haha.. Yap ane pun pakai paspor teman untuk verifikasi. Ok lanjut..

15. "Bro ada ni paspor bapak gw, tapi udah kadaluarsa, masih bisa gak?"
Jawab: Insya Allah bisa, caranya sudah dijelaskan oleh kawan ane mas Yusuf Sangdes, silahkan dibaca di sini : http://www.sangdes.com/2017/08/daftar-shutterstock-pakai-paspor.html

16. "Ok bro gw coba dulu"
Jawab: "Siyapppp"

Keesokan harinya

17. "Alhamdulillah bro akun kontributor gw udah berhasil diverifikasi, gw traktir ngopi sama pisang goreng yok"
Jawab: "Alhamdulillah :D"

Untuk yang udah gak sabar silahkan langsung daftar menjadi kontributor di link ini : https://submit.shutterstock.com/?language=en lalu klik tombol Sign Up Now
*Jangan sampai salah daftar ya, soalnya di shutterstock ada 2 jenis pendaftaran, yaitu daftar sebagai buyer dan ada yang daftar sebagai contributor.

Kurang lebih seperti itu. Postingan ini tidaklah sempurna dan akan diupdate secara berkesinambungan ketika ada pertanyaan baru terkait paspor untuk daftar shutterstock. Silahkan dicoba, kalau ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Tapi pleaseeee ya jangan tanya pertanyaan yang sudah ane tuliskan panjang lebar di atas :D

Pertanyaan baru dan penuh faedah sangat diharapkan untuk terus menyempurnakan tulisan ini dan membantu teman-teman lainnya yang mengalami kesulitan. Semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada tulisan yang salah dan kurang berkenan :)

#FreelancerLife #Shutterstock #Microstock

You Might Also Like

5 comments

  1. untuk isian data contributor harus sama gak sama yang di paspor? ketika kita pake paspor orangtua.

    ReplyDelete
  2. mas maaf mau tanya, klo mau daftar shutterstock tapi pakai paspor teman apakah akun dan email juga harus menggunakan nama yang ada di paspor tersebut? makasih mas

    ReplyDelete
  3. klo buat melalui jas@ buat paspor, bsa gk yah?

    ReplyDelete

Instagram