Kulgram Desain #14 - Membangun Karir Sebagai Illustrator Freelance - Lenny Wen

10:09 AM



Halo selamat malam semua, semoga sehat dan semangat semua .
Terima kasih kepada admin IGD atas kesempatannya.
Dalam beberapa menit ke depan, saya akan berbagi pengalaman dan sedikit pengetahuan saya sebagai illustrator freelance.
Mudah-mudahan apa yang saya bagi sedikitnya bisa berguna 😊


Sebelumnya saya ingin perkenalkan diri dulu, nama saya Lenny Wen.
Sekarang ini berdomisili di Jakarta.
Selain mengilustrasikan buku bacaan anak (picture book), saya juga membuat ilustrasi untuk mobile games, app, advertisement, dll.

Berikut beberapa ilustrasi saya :


bagi yang berminat untuk lihat lebih banyak karya saya dan mungkin belum familiar, silakan cek n ricek saja website saya πŸ˜€:
www.lennywen.com
atau Instagram saya @lunartcy

Oke, sekarang saya mau sharing :
Bagaimana saya mengawali karir sebagai illustrator?

Saya sudah suka dunia menggambar sejak kecil. Sebelum menjadi illustrator full-time, pagi saya ngantor sbg graphic designer, malam sebagai illustrator freelance di rumah.
Karena sejak kecil suka banget sama buku, saya mulai “mencari” kerjaan ilustrasi dengan mengontak editor-editor dari penerbit lokal sampai penulis buku anak.
Saya mulai dengan Googling segala milis (waktu itu zamannya tren milis Yahoo) untuk mendapatkan alamat email sampai pergi ke toko buku dan mencatat nama2 penulis buku anak(dan kontaknya kalau ada).
Projek ilustrasi yang saya dapatkan awalnya hanya ilustrasi kecil-kecilan.Profesi illustrator freelance mulai lebih serius sekitar tahun 2015 (masi sambil ngantor). Saya mulai mencari kerjaan dari website internasional seperti Elance (sekarang menjadi Upwork) dan Fiver. Setahun kemudian, saya memutuskan untuk menjadi illustrator freelance secara full-time dari rumah. Saya tidak lagi mencari kerjaan dari website2 freelancer, tapi saya mendapat beberapa klien yang mengontak saya secara personal melalui email.


*mungkin ada yg familiar dengan ilustrasi di kemasan Pocky varian pisang dan stroberi? πŸ˜„

Setelah berbagi pengalaman singkat bagaimana saya mengawali karir sebagai illustrator freelance, saya akan sharing :
Apa yang saya pelajari selama menjadi illustrator freelance?


Portfolio adalah senjata utama. Sebanyak apapun gelar, pengalaman, atau tutorial yang kita download dan tonton, tidak akan ada gunanya kalau tidak ada portfolio.


Sambil membangun portfolio, share karya ke berbagai platform media sosial agar karya mudah ditemukan.
Media sosial mulai dari yang khusus untuk portfolio seperti Behance, Dribbble, Artstation, Tumblr sampai yang mainstream seperti Instagram dan Facebook.
Jika memang ingin dengan tujuan cari klien atau kerjaan mungkin bisa ke Upwork , Freelancer.com, Fiverr, dll.


Saya menyebutnya personal artwork yang berarti ilustrasi yang kita buat tanpa orderan dari klien, kita buat hanya untuk menuangkan ide, imajinasi, sampai unek2.
Projek dari klien memang sangat penting tapi ilustrasi yang kita buat karena keinginan personal juga sangat penting karena kita biasanya mengerjakannya dengan sepenuh hati.
Ilustrasi dengan tema tertentu atau gambar berseri, fanart dari hal yang sedang hype, pokoknya gambar yang kita buat.
Selain sangat memperbaiki mood, kita juga bisa belajar lebih banyak karena di sinilah kita bereksplorasi lebih banyak (karena kerjaan dari klien biasanya ada batasan, panduan, dll).


Untuk mendapat pekerjaan/ projek yang lebih bagus (baik secara bayaran maupun kerjaan itu sendiri), tidak ada cara lain selain mengembangkan kemampuan dan pengetahuan kita.
 Saat kemampuan dan pengetahuan kita berkembang, projek yang kita dapat juga akan lebih baik.
Investasikan waktu dan uang untuk ilmu hingga peralatan, apalagi sekarang akses untuk mendapat ilmu sangat beragam, mulai dari Youtube sampai kursus online.
Dari segi tools, misalkan kita bisa beli plug-in atau brush tambahan dari photoshop.
(Untuk kursus online ilustrasi mungkin bisa cek www.schoolism.com, https://2d.cgmasteracademy.com , https://www.svslearn.com , dll)


Ini salah satu yang paling sulit selama saya menjalani karir sebagai illustrator yaitu berusaha tidak membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain.
Merasa down, frustasi, sampai iri tiap lihat karya-karya “wow” orang lain sudah seperti makanan sehari-hari.
Tapi pada akhirnya setiap orang mempunyai keunikan sendiri-sendiri.
Temukan apa yang ingin kita  komunikasikan melalui karya.Find your own voice and path.


Mungkin terdengar klise, tapi inilah poin utamanya. Tidak ada shortcut atau cara instan untuk menjadi illustrator (mungkin berlaku untuk semua profesi juga) selain kerja keras tentunya dalam waktu yang tidak singkat.

Oke itu poin-poin yang saya pelajari dari pengalaman saya sendiri. Mungkin akan muncul pertanyaan:
Jadi apa yang harus dilakukan untuk menjadi illustrator freelance?

Yang utama, sudah tentu harus belajar menggambar. Selain itu tidak ada cara pakem.
Saya seorang praktisi, bukan akademisi, jadi saya tidak ada formula dan tidak bisa memberikan step by step bagaimana untuk menjadi seorang illustrator.
Saya yakin setiap orang punya jalan sendiri. Saya hanya bisa membagikan apa yang saya pelajari dari pengalaman saya sendiri.
Namun satu yang pasti yaitu semua butuh proses. Jangan panik saat anda mendapat bayaran yang kecil atau klien super aneh di awal perjalanan. Juga saat media sosial anda hanya mendapat sedikit like atau follower. Semua itu tidak dibangun dalam waktu singkat dan saya juga mengalaminya (mungkin hingga saat ini juga πŸ€”)

Satu tambahan khusus bagi yang ingin keluar kantor dan menjadi freelancer, menabung itu SANGAT PENTING.
Sebagai freelancer dengan penghasilan yang tidak tentu, pastikan anda punya tabungan yang kira2 bisa mengkaver anda selama beberapa bulan karena awalnya pasti sangat berat😁.
(Dari pengalaman saya, saya sendiri hampir ambil kerjaan apa aja yang bisa saya kerjakan yang penting bisa membiayai hidup. Tapi seiring perjalanan, penting untuk memilah-milah projek agar portfolio dan pengalaman bisa berkembang.)

Penutup

Tentunya apa yang saya bagikan saya harap tidak terkesan “menggurui” karena saya sendiri juga masih dalam tahap berusaha lebih baik lagi.
Teruslah belajar dan berkarya bersama-sama ^^

Semoga apa yang saya bagikan sedikit berguna dan maaf kalau ada salah kata πŸ™πŸΌ

Join Channel Telegram Indonesian Graphic Designers (IGD) : https://t.me/weareigd

You Might Also Like

0 comments

Instagram