Tips Memenangkan Kontes Logo di 99designs


Content Level: Intermediate Designer

Bismillah

Sebelum masuk ke inti, mimin mau sharing sedikit tentang latar belakang (kaya skiripsi aja,hehe) pembuatan artikel ini. Sekitar akhir bulan maret mimin memikirkan sebuah "cara" yang kira-kira bisa dilakukan oleh teman-teman desiner untuk mencari "uang cepat" di tengah pandemi Coronavirus atau Covid-19 seperti yang sedang kita alami sekarang ini. Siapa tau di luar sana ada teman-teman kita yang sedang membutuhkan uang, karena mungkin tabungannya sudah habis, marketplacenya sedang sepi atau orderan dari klien yang sedang seret, termasuk mimin, hehe. BTW semoga Allah segera angkat pandemi ini ya, aamiinn.

Dari sekian banyak "cara" yang bisa ditempuh untuk mencari uang secara online lewat desain, baik itu microstock, marketplace, client dll, menurut mimin salah 1 cara yang paling cepat adalah lewat jalur ngontes. Mimin persempit lagi ya, karena situs ngontes ada banyak, kali ini kita akan ngontes di situs 99designs.com. Dan akan mimin persempit lagi pembahasannya khusus di kontes kategori Logo Design, karena mimin bisalah dikit-dikit bikin logo,hehe.

Pada tanggal 7 April 2020 mimin akhirnya memutuskan untuk mulai ngontes lagi setelah hampir 1 tahun gak ngontes. Iya mimin sekarang udah jarang ngontes di 99, mimin baru akan ngontes kalau asap dapur udah agak terlihat menifis, hehe. Selain itu mimin ngontes juga untuk membuat sebuah bukti tentang cara yang mimin rekomendasikan ini. Mimin gak mau aja kalau mimin panjang lebar ngasih "petuah" untuk memenangkan kontes, eh miminnya sendiri gak menang :D

Perjuangan pun dimulai. Ada 2 jurus untuk ngontes di 99

  1. Jurus Sniper. Kalau teman-teman milih jurus ini, maka teman-teman harus fokus "ngeker" (bahasa apa ini?) maksudnya fokus mengejar atau mengikuti 1 kontes saja dari awal kontes dimulai sampai akhir. Jadi teman-teman mencurahkan segenap kekuatan, ide dan perasaan ke 1 kontes saja. Mimin sendiri jarang bahkan seringnya gak pernah pakai jurus ini, karena menurut mimin jurus ini memiliki banyak kekurangan. Misalnya, klien bisa aja tu akhirnya gak menentukan pemenang di akhir kontes, udah cape-cape ndisen eh kliennya pergi gitu aja, hehe.. Terus kadang nunggu feedback dari klien luama banget, bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu plus ujung-ujungnya gak milih pemenang, katanya sih desainnya gak ada yang cocok :D. Dan terlalu "riskan" kalau di satu kontes aja, karena bisa jadi memang rejekinya gak di situ. Pakai jurus ini kalau teman-teman bener-bener yakin sama kontes dan contest holder, serta teman-teman memiliki feeling yang bagus di kontes tersebut.
  2. Jurus Rambo. Jurus apa pula ini? Pernah nonton film Rambo yang adegannya dia nembakin musuh pakai senjata otomatis atau "bren" (boso opo meneh iki :v). Si Rambo ini menembak secara membabi buta dengan jumlah peluru yang sangat banyak. Nah maksudnya kita ikut banyak kontes sekaligus. Dengan tujuan menghemat waktu dan tenaga. Nah ini jurus favorit dan paling sering mimin gunakan. Mimin akan berpartisipasi di buanyak kontes untuk memperbesar kemungkinan menang. Ketika ada 1 atau 2 kontes yang terlihat bagus atau berpotensi, maka mimin akan langsung fokus ke kontes itu dan meninggalkan kontes-kontes lainnya.


Seperti itu contohnya, mimin mengikuti 19 kontes dari 7 April sampai sekitar awal bulan Mei. Dan berapa jumlah kontes yang mimin menangkan? Jawabannya adalahhhhhhhhh..... 1. Alhamdulillah, daripada gak ada yang menang sama sekali, hehe..


Jadi setelah berjuang mengikuti kontes dari tanggal 7 April sampai kemarin (tulisan ini dibuat tanggal 8 May 2020, berarti ada jeda sekitar 30 hari atau 1 bulan) sampai akhirnya Allah bantu mimin untuk menang kontes. Oh iya sebagai pengingat dan nasihat terutama untuk mimin, setiap kita menang kontes itu bukan karena kitanya ya yang jago buat desain, bukan juga karena desain logo kita yang super duper kece. Tapi semua itu karena kebaikan Allah subhana wa ta'ala semata. Allah yang kasih kita kemenangan itu. Jadi jangan senderkan kemenangan itu ke diri kita yang lemah ini :)

. . . .

Mission complete. Mimin sudah mendapat bahan atau materi serta bukti real untuk membuat artikel ini. Jadi sekarang kita mulai masuk ke inti artikel ini, yaitu Tips Memenangkan Kontes Logo di 99designs.


  1. Luruskan niat teman-teman, ngikut kontes ini untuk apa? Biar kalau niatnya lurus dan benar, insya Allah, Allah akan bantu dan mudahkan
  2. Pilih kontes yang kira-kira sesuai dengan kemampuan teman-teman. Di 99 itu ada banyak kontes dan cukup beragam. Dari level beginner sampai profesional tingkat tinggi. Mimin sendiri sadar kalau mimin belum bisa main di level profesional tingkat tinggi, jadi mimin biasanya ikut kontes beginner atau intermediate saja di range $200-$400
  3. Baca brief baik-baik. Usahakan hanya mengikuti kontes yang briefnya lengkap. Jangan yang cuma kasih "Nama perusahaan saya A, saya membebaskan kreatifitas anda untuk membuat logo saya", hehe.. Gak kasih referensi, gak kasih gambaran yang lebih solid tentang bisnis atau perusahaan, eh giliran kita kirim desain ke dia "Desain macam apa ini? Saya juga bisa buat desain seperti itu" Kalau udah kaya gini mimin mending mundur teratur dan cari kontes lain, hehe.
  4. Catat poin-poin penting pada brief. Misal client mau logo yang "Minimalis, modern, monogram" Nah catat baik-baik hal tersebut dan jadikan titik start untuk membuat logonya
  5. Jangan SOK TAU! Kalau ada yang gak dimengerti atau kurang jelas dari brief client, tanya ke client. Misalnya "Hei, kamu mau logo dengan style apa? Kamu mau warna flat atau gradient? Logo ini akan digunakan di mana nantinya? dll. Semakin kita banyak bertanya dan mendapat jawaban, maka kita akan makin punya banyak resource untuk pembuatan logonya
  6. Sketsa, sketsa, sketsa... Setelah memahami brief, buat sketsa sebanyak-banyaknya. Minimal 50-100 sketsa. Jangan terburu-buru pengen upload desain ke kontes. Selowww..
  7. Dari banyak sketsa yang sudah dibuat, pilih 1-3 sketsa yang paling berpotensi. Lalu digitalkan dan baru upload ke kontes
  8. Jangan terlalu sempurna. Gaes, ngontes itu bukan kita sekali upload 1 desain terus langsung menang, bukannn.. Tapi kita upload desain, minta feedback, revisi, kirim revisi, minta feedabck, revisi, improve, kirim lagi dan begitu seterusnya. Jangan baru upload 1 desain, terus gak dirating, gak difeedback, terus kita mutung (kan bahasa asing lagi,hehe), maksudnya ngambek, putus aja. Back to poin 5, tanya ke klien "Hey, dapatkah anda memberi feedback untuk desain saya? Sehingga saya bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya? Kalau gak dijawab juga, banyak faktor yang menyebabkan klien gak jawab pertanyaan kita, sibuk, kebanyakan entry dll. Maka sebaiknya coba upload 1 atau 2 konsep lagi, kalau masih no response, go out, tinggalkan kontes itu, jangan wasting time di sana, masih banyak kontes lainnya
  9. Going ekstra mile. Ini penting, teman-teman harus memberi pelayanan ekstra ke klien. Walau client gak meminta, tapi kita kasih desain yang lebih dibanding desain lainnya. Misal, jangan cuma upload logo di atas background putih biasa. Coba buat preview yang menarik, buat mockup logo dll. Always going extra mile. Biar desain kita ternotice sama client. Lalu jangan cuma upload desain terus gak kasih keterangan apa-apa. Tuliskan deskripsi atau ide dibalik desain itu, misal "Logo ini terinsipirasi dari bentuk daun yang menyimbolkan pertumbuhan, ecology dan alam" dll. Client itu gak ngerti desain, jadi dia butuh penjelesan, ben nggatuk :D
  10. Terakhir, ini yang paling penting dari 9 poin di atas. DOA. Udah bikin desain logo super kece, filosofinya aajiiibb bener, upload terus lupa berdoa. DOA tu, minta sama Allah "Ya Allah menangkanlah kontes yang sedang saya ikuti". Minta, ngemis sama Allah biar logo kita menang. Jangan gak doa. Liat aja kontes kelas profesional. Semua desain masya Allah luar biasa-luar biasa semua, tidak perlu diragukan. Tapi hanya akan ada 1 pemenang dan hanya akan ada 1 logo yang digunakan. Berdoalah meminta kemenangan itu kepada Allah subhana wa ta'ala.
Kurang lebih seperti itu tips dari mimin. Perlu diperhatikan ya, tips ini bukan jaminan teman-teman pasti akan menang kontes setelah menerapkan 10 tips tersebut. Kalau 10 tips ini merupakan sebuah jaminan dan kepastian, maka mimin harusnya menang 19 kontes, tapi pada kenyataannya semuanya dikembalikan ke rejeki kita masing-masing, apakah ada rejekinya di kontes yang kita ikuti atau tidak. Ngontes ini hanya sebagai bentuk ikhtiar kita mencari sebab turunnya rejeki kita dari Allah subhana wa ta'ala. Sekian semoga ada manfaatnya. Mohon maaf kalau ada kekurangan atau kata-kata yang kurang berkenan. Oh iya bagi yang punya tips lain monggo silahkan sharing di kolom komentar :)

Barakallahu fiikum

. . . .

Oh iya ini desain logo saya yang menang, siapa tau bisa jadi inspirasi untuk teman-teman :)






Share:

16 comments :

  1. Mancappp tips nyaaa. Ngontes juga ahhhh :D

    ReplyDelete
  2. Dengan catatan harus punya akun dulu bagi yg baru terjun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas betul. Makanya di pembuka paragraf saya cantumkan Level: Intermediate Designer. Minimal yg udah tau atau pernah berkunjung ke situs 99 :)

      Delete
  3. PATEENNNNN KALEEEEE... BarakAllahu fiikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bah sampai sini juga abang :D
      Wa fiikum barakallah

      Delete
  4. Alhamdulillah kemaren masuk 2 final dan endingnya CH memilih pemenang lain. Alhamdulillah bisa berlatih sabar juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, 18 kontes yg saya ceritakan di tulisan ini jg gitu, ujung2nya CH milih yg lain, belum rejeki... Bener mas ngelatih kesabaran kita :)

      Delete
  5. Terimakasih informasinya pak.. 🙏 bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Saya juga 15 kontes, ga lolos semua ;(

    ReplyDelete
  7. jadi sebisa mungkin saat kita submit desain logo, sekalian nampilin mockup ya mas ery?
    misal kontes logonya brand utk clothing, jadi coba utk bikin mockupnya sekalian gak cuma logo hitam putih warna doang ya mas er?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gak harus mockup, buat preview yang bagus dan menarik sesuai fungsi

      Delete
  8. ane masih canggung/ragu gan kalau ngerjain kontes di 99 karena takut sering berhubungan dengan request CH yang umumnya tdk dibatasi syariat (mayoritas CH orang2 awam). Curcol aja hehe
    BTW nice post, barakallahufiikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih yg gak melanggar syariat insya Allah masih banyak kok mas :)

      Delete

Copyright © Berkah Studio.