Tips Biar Gak Burnout Sama Kerjaan




Bismillah. 

Salah 1 tips agar kita tidak burnout atau stress dalam menghadapi kerjaan adalah dengan memiliki hobi. Hobi bisa jadi pelarian penyeimbang di tengah tumpukan pekerjaan yang seperti gak ada habisnya.

Hobi adalah sebuah kegiatan yang tidak bisa dipaksakan. Dia muncul dengan sendirinya. Ada yang hobi membaca, memasak, mengumpulkan serangga, mendaki gunung, bersepeda dll.

Setelah Senin-Jumat kita bekerja, luangkanlah waktu di akhir pekan untuk hobi kita. Kalau bisa hobi kita itu berbeda atau gak ada hubungannya sama pekerjaan kita. Misal kerjaan kita di dunia desain, nah kalau bisa hobi kita yang gak ada kaitannya dengan desain, jadi otak kita bisa disegarkan dengan aktifitas baru.

Walau ada juga yang hobinya masih dalam 1 lingkup dengan kerjaan, misal seorang desainer sehari-hari kerja bikin desain logo, nah di akhir pekan dia menggunakan waktu itu untuk hobinya yang masih dalam ruang lingkup desain, seperti belajar mendesain layout, icon atau desain lain yang belum dia kuasai.

Kalau saya sendiri lebih suka hobi yang berbeda dengan kerjaan, soalnya kalau ndisen lagi ya itu bakal burnout, hehe.. Intinya hobi yang tidak membuat kita berpikir terlalu keras atau menghabiskan tenaga yang cukup melelahkan. Bayangin aja udah kerja dari Senin-Jumat, eh Sabtu Minggu dia punya hobi bersepeda sejauh 2000km, Seninnya tipes itu,hehe.. Kecuali dia memang sanggup dan senang melakukannya sih gas teruss :)

Lalu kalau bisa akhir pekan itu jangan dihabiskan untuk nonton Netflix dan marathon drakor seharian. Perhatikan deh, kalau Sabtu Minggu kita habiskan untuk nonton Netflix aja, hari Seninnya pasti terasa cape dan kurang semangat untuk memulai pekerjaan. Kenapa bisa begitu? Karena otak kita jadi malas setelah 2 hari dipakai marathon netflix dan badan kita kurang bergerak, jadinya lemes di hari Seninnya. Gak percaya? Coba aja :D

Dan perlu diingat hobi itu harus tetap proporsional. Ingat, tujuan hobi itu untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan normal kita. Jangan sampai menjalani hobi jadi terlalu berlebihan sehingga mengorbankan pekerjaan kita. Gak sehat juga itu :)

Semoga bermanfaat :)

Icon by ultimatearm

Share:

Post a Comment

Copyright © Berkah Studio.